-->

iklan

Thursday, May 12, 2016

author photo

   "MENGHAPUS MATA RANTAI KEMISKINAN DI INDONESIA Indonesia merupakan negara dengan wilayah lautan yang sangat luas dan sumber daya alam terbesar didunia . hal ini dapat menjadikan Indonesia sebagai negara maritim dan agraris dengan kekayaan alam yang dimiliki . namun dibalik semua itu Indonesia masih tergolong negara yang belum sejahtera dengan negara lain . Dilihat dari segi ekonominya Indonesia masih memiliki beberapa masalah salah satunya kemiskinan.


  Pada bulan Maret 2015, jumlah penduduk miskin (penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan) di Indonesia mencapai 28,59 juta orang (11,22 persen), bertambah sebesar 0,86 juta orang dibandingkan dengan kondisi September 2014 yang sebesar 27,73 juta orang (10,96 persen). kenapao saya menyebutkan kemiskinan salah satunya ? "melihat kenyataannya faktor kemiskinan menjadikan seseorang berbuat tindakan kriminal seperti: merampok,menjudi, membunuh,pengedar narkoba,Psj dan lain sebagainya. salah satu penyebabnya ialah kurangnya sumber daya . khususnya di Makassar ada salah satu kampung eks kusta ,yaitu kampung jongaya yang terletak dijalan Dangko kelurahan Balang Baru kecamatan Tamalate . kampung ini mendapat diskriminasi dari orang-orang diluar kampung eks kusta Jongaya bahwa kusta itu menular dan mereka tidak menerima bila ada warga dangko bekerja ditempat usaha mereka dikarenakan penyakit kusta menular.
padahal tidak semua warga kampung jongaya menderita kusta dan kalau mau dibilang mereka mantan penderita kusta dan tidak berbahaya sama sekali . akibat diskriminasilah mereka tidak memiliki pekerja lantaran tidak diterima . mereka menafkahi hidup mereka dengan cara mengemis disepanjang jalan kota makassar . melihat hal ini saya ingin membantu mereka ,berbagi bukan karena saya mampu secara materil tetapi berbagi hal sederhana yang saya miliki. memang sebagai pemuda tentunya kita menjadi agent perubahan .

  Saya bergabung di Aksi Indonesia Muda bersama teman- teman dari berbagai kampus yang ada dikota Makassar. kita disini memiliki peka yang sama terhadap lingkungan sekitar . ya salah satunya kemiskinan dan masalah sosial dikampung eks kusta Jongaya. disini kami memberdayakan mereka dengan mengajarkan ketrampilan kerajinan tangan berupa keset kaki,lampu hias dan bros. kerajinan tangan ini alhamdulillah sudah bisa dipasarkan beberapa pasar modern terkenal yang ada di Makassar dan koperasi sehingga masyarakat Dangko mendapat keuntungan dari hasil karyanya mereka dan ingin merubah kampung Eks Kusta jongaya menjadi kampung kerajinan. Pendidikan informal juga merupakan program dari Aksi Indonesia Muda Makassar itu sendiri ,disini kami ajarkan bukan hanya pendidikan yang mereka dapatkan dari bangku sekali tetapi penanaman karakter juga kami ajarkan karena adik-adik di Dangko ini masih dibilang kurang bagus karakternya . salah satu metodenya yaitu game atau permainan aktraktif yang mampu menarik minat mereka dan terdapat nilai moralnya. kita bikin supaya adik-adik di kampung Eks Kusta tidak mengemis lagi. hidup sehat juga kami terapkan ke kampung jongaya ini seperti slumove(penghijauan, kerja bakti) dan syukur kampung ini terlihat bersih walaupun tidak sepenuhnya.
  Aksi Indonesia Muda inilah Saya bisa berkontribusi buat bangsa ini bersama dengan pemuda lainnya yang ada di Indonesia ,kontribusi aksi nyata kita . disinilah saya mendapat banyak hal seperti wawasan,inovatif , kreatif ,solider , nasionalisme dan nilai perjuangan tentunya ,namun perjuangan saya di Aksi Indonesia Muda belum selesai sampai pada masyarakat kampung Eks kusta Jongaya betul-betul mandiri dan sejahtera .

  kata Bapak Anies Baswedan “Kemenangan itu bukan ditandai dengan kebisingan. Kemenangan itu ditandai dengan kelakuan.dan satu pesan dari saya buat Pemuda Indonesia "lakukanlah hal yang positif dengan penuh kerja keras serta hati yang ikhlas demi Kemaslahatan banyak orang.
your advertise here

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Themeindie.com